Mobil Suzuki Swift dengan Cruise Control

Mobil Suzuki Swift dengan Cruise Control – Lihatlah tren pasar oto- motif nasional empat bulan ke belakang. Para produsen berlomba-lomba melakukan penyegaran pada produk lama dan bahkan memperkenalkan sebuah produk baru. Tren ini dilakukan akibat dari lesunya pasar otomotif nasional karena lemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Berbeda dengan karakter konsumen glo-bal, konsumen Indonesia hanya membutuhkan satu faktor saja, yaitu daya beli atau kebutuhan. Sehingga meski daya beli menurun, kebutuhan masyarakat akan sebuah mobil, membuat para produsen mobil gencar melakukan penyegaran produk agar produknya dilirik calon konsumen. Suzuki Swift memang bu kan mobil dengan angka penjualan tinggi di kelas Small Hatchback. Tapi sebagai “sidekick” milik PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Swift harus bersolek agar bi sa tetap bertahan.

SIS menawarkan Suzuki Swift GS sebagai pilihan trim di atas GX tapi di bawah Sport. Suzuki Swift GS mem bawa berbagai ubahan minor pada sektor interior. Yang paling terlihat adalah lampu depan yang serupa trim Sport dengan menggunakan lampu jenis HID proyektor dengan auto leveling. Tidak banyak yang bisa dikritisi dari desain bodi Swift GS ini, karena memang serupa dengan generasi sebelumnya. Tapi coba Anda perhatikan sektor spoiler belakang. Desainnya kini diperbesar sehingga aura sporti makin kental terasa. Mari beranjak masuk ke dalam kabin Suzuki Swift GS. Jujur saja, aura yang dipancarkan ketika duduk di kabin depan adalah elegan. Tidak ada aura sporti berlebihan pada bagian ini. meski layout kabin depan masih serupa dengan generasi terdahulu, benang jahitan warna silver pada bangku, kulit setir, shiftknob memberikan kesan elegan karena kontras dengan warna dasar hitam yang digunakan pada bagian tersebut. Melihat bagian kanan setir, terdapat berbagai tombol dengan tulisan Cruise, Cancel, Res, Set, yang mengindikasikan mobil ini telah menggunakan teknologi cruise control.

Yap, ubahan penting yang dibawa oleh Suzuki Swift GS adalah pada sektor ini. Dengan penggunaan cruise control, Swift semakin nyaman untuk dikemudikan jarak jauh, karena Anda tidak perlu menahan pedal gas untuk tetap bisa melaju konstan. Tetapi penggunaan cruise control bisa menjadi bumerang ketika mobil melintasi kontur jalan yang menanjak. Karena hanya menahan kecepatan, biasanya putaran mesin akan berputar lebih tinggi jika mesin mengindikasikan kecepatan berkurang. Dengan situasi seperti ini, penggunaan cruise control justru bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Ketika mencoba Suzuki Swift GS, tenaga dari mesin K14B yang serupa dengan milik Suzuki Ertiga dirasa cukup moderat. Tenaga mesin terasa halus tanpa ada luapan tenaga yang meledak-ledak. Ketika diajak kick-down, transmisi otomatis 4-percepatannya terasa cukup responsif.

Visibilitas Swift juga tetap baik karena posisi duduknya agak tinggi. Mengaktifkan  tur cruise control pada Swift GS caranya cukup mudah. Hanya tinggal tekan tombol Cruise lalu tekan tombol Set, dan mobil akan melaju de ngan kecepatan konstan tanpa perlu Anda injak pedal gas. Pastikan kecepatan mobil berada di atas 40 km/jam, jika di bawah itu  tur cruise control tidak bisa diaktifkan. Swift GS A/T dijual lebih mahal 15 Juta dibanding varian GX. Pilihan kini ada ditangan Anda, butuh mobil dengan beberapa  tur baru dan desain bodi segar atau tetap membeli model lama dengan harga yang lebih murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *