Membangun di Kaveling Town House

Halo Pak Wijoyo, Saya baru saja membeli sebuah kaveling di town house (rumah bandar) yang letaknya di Jakarta Selatan. Kaveling ini berukuran 7m x 11m, menghadap ke sebuah jalan yang lebarnya tak lebih dari 4m, dan menghadap ke selatan. Rencananya di tanah ini akan dibangun sebuah rumah dua lantai, untuk digunakan ibu saya nanti jika anak-anaknya semuanya sudah berkeluarga. Kebetulan town house ini dimiliki oleh keluarga besar ibu saya, sehingga nantinya tetangga kanan dan kiri ibu saya adalah adik-adiknya.

Karena ini akan dipakai ibu saya, ruang yang dibutuhkan adalah sebagai berikut. ã Ruang keluarga yang luas. ã Ruang tamu kecil, yang hanya dipergunakan untuk menampung tamu yang bukan keluarga. Ibu saya termasuk orang yang kerap menerima tamu. ã Dapur ã Ruang makan kecil. ã Kamar tidur utama dengan bukaan yang cukup besar. Ibu saya mengidap asma jadi kamar harus cukup terang dan sirkulasinya baik. Kamar utama ini jika memungkinkan terletak di lantai bawah sehingga ibu tidak harus naik tangga. ã Dua kamar untuk anak-anaknya jika menginap.

ã Kamar mandi (tidak perlu ada kamar mandi utama). ã Musala. ã Gudang, karena ibu saya memiliki cukup banyak peralatan. ã Ruang servis. Ibu saya sangat suka dengan taman, sehingga sebisa mungkin ada taman di belakang dan depan rumah. Untuk gaya rumah, jika bisa adalah gaya yang tidak terlalu minimalis agar bisa bertahan lama. Terima kasih atas waktunya dan desainnya. Semoga permintaannya tidak terlalu neko-neko ya Pak Wijoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *