6 Pertanyaan Umum Tentang Kuliah S2 di Jerman yang Perlu Diketahui

Kuliah S2 di Jerman

Kuliah S2 di Jerman – Jerman adalah salah satu negara di Eropa yang menjadi tujuan bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia. Namun, hingga kini masih saja ada kebingungan mengenai kuliah S2 di Jerman. Nah, berikut ini adalah beberapa pertanyaan paling umum seputar kuliah S2 di Jerman.

6 Pertanyaan Umum Tentang Kuliah S2 di Jerman

Kuliah S2 di Jerman gratis

1. Universitas Jerman mana yang terbaik?

Kebanyakan mahasiswa internasional yang ingin kuliah S2 di Jerman kebingungan untuk memilih universitas terbaik. Hal ini karena kebanyakan universitas di Jerman tidak memiliki peringkat mentereng
di peringatan dunia.

Diketahui hal tersebut karena pemberlakukan kuliah gratis untuk tingkat bachelor yang mengakibatkan kurangnya dana untuk pembangunan. Namun, faktanya alumni Jerman selalu bersaing dan banyak yang menjadi tokoh dunia.

Oleh karena itu, ketimbang hanya melihat pemeringkatan dunia, lebih baik kita mempertimbangkan Heigher Education Development Jerman atau (CHE) yang merilis data-data universitas dan jurusannya. Kita dapat menemukan jurusan yang tepat di universitas Jerman yang tepat.

2. Seberapa cakap kemampuan bahasa Jerman yang harus dimiliki

Hal ini sebenarnya bergantung pada jenis kelas yang akan diambil. Bagi mahasiswa yang mengambil kelas internasional, tentu hanya butuh sedikit saja kemampuan bahasa Jerman. Hal itu karena bahasa pengantar yang akan digunakan adalah bahasa Inggris.

Namun, untuk ruangan kelas reguler yang berbahan partisi kaca setidaknya mahasiswa memiliki sertifikat keterampilan bahasa pada level B1. Sertifikat ini juga akan berguna ketika membuat visa pelajar.

3. Bagaimana cara membuat visa pelajar?

Ada banyak jenis visa yang bisa digunakan untuk tinggal di Jerman. Hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan kita dan berapa lama akan ada di sana. Kita bisa mendapat informasi dan membuat visa pelajar dengan datang di Kedutaan Besar Jerman yang terletak di Jakarta.

Secara umum berkas yang akan kita perlukan untuk membuat visa pelajar adalah bukti kelulusan studi sebelumnya, surat penerimaan universitas, surat asuransi kesehatan, sumber keuangan setidaknya 8000 euro, dan sertifikat kemampuan bahasa Jerman.

4. Apakah kita akan mengurusi semuanya sendiri di Jerman?

Bagi mahasiswa yang kuliah S2 di Jerman melalui agen, sudah tentu semuanya akan diurusi oleh agen tersebut. Akan tetapi apabila kita memilih cara yang mandiri, kita pun akan dibantu oleh studentenwerk atau semacam organisasi yang bertindak menangani kepentingan mahasiswa.

Baca Juga: Cara Belajar Bahasa Inggris

5. Apakah SIM kendaraan kita masih berlaku di Jerman?

Seseorang yang menginginkan berkendaraan pribadi di Jerman, bisa menggunakan SIM yang kita buat di negara asal. Akan tetapi kita tetap harus mentransfer ke Surat Izin Mengemudi yang berlaku di Jerman.

Biasanya, transfer SIM tersebut membutuhkan syarat berupa Surat Izin Mengemudi asli yang masih berlaku, foto paspor, bukti tinggal di Jerman, salinan paspor atau kartu ID. Kamu juga bisa meminta surat khusus dari pihak berwajib di Indonesia.

6. Bolehkah membawa keluarga saat kuliah di Jerman?

Kuliah S2 di Jerman memang kerap dilakukan oleh seseorang yang sudah berkeluarga. Hal ini tidak menjadi masalah karena seseorang yang memiliki izin tinggal lebih dari setahun diperbolehkan untuk membawa keluarga.

Namun, beberapa syarat tetap harus dipenuhi. Salah satunya adalah bahwa keluarga kita tidak sedang mencari bantuan sosial atau mengandalkan bantuan sosial untuk tinggal di Jerman.

Selain itu jika terpaksa harus membawa keluarga Anda bisa menyewa apartement atau menyewa jasa interior yang nantinya akan mempermudah Anda untuk merenovasi apartemen Anda agar apartement yang sempit bisa leluasa untuk tinggal keluarga Anda.

Dan juga biasanya mereka bisa untuk merenovasi dan menambahkan kekurangan apa yang ada di dalam ruangan utama hingga ke dalam ruangan dapur yang ada kitchen setnya.

Itulah tadi beberapa pertanyaan yang unik namun sangat umum ditanyakan ketika akan kuliah S2 di Jerman. Untuk mendapat gambaran yang lebih jelas, kamu bisa menghubungi beberapa warga Indonesia yang kuliah di sana atau alumni Jerman yang kuliah di universitas yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *